Tips berternak ayam

Assalamualaikum pembaca yang budiman.. Akhir-ini saya mempunyai pekerjaan sampingan berternak ayam.. Hal ini saya lakukan karena saya mempunyai banyak waktu luang.. Mungkin anda juga bisa melakukannya karena tidak terlalu menyita waktu namun butuh ketelatenan.. Tujuan dari berternak ayam ada dua biasanya, untuk memperoleh laba dari telur dan dari anak/bibit yang akan dijual saat umurnya sudah pas.. Berikut adalah hal yang harus dilakukan sebelum mulai berternak ayam..

Persiapkan kandang

Hal paling penting dalam berternak ayam adalah bukan pada ayam tersebut, namun pada kandang/tempat.. Karena jika ada ayam namun tidak ada kandang/tempat juga percuma.. Kendala No 1 bagi peternak ayam adalah tidak adanya lahan untuk berternak.. Namun jika sudah ada itu tidak jadi masalah.. Tidak semua kandang ayam itu sama, jika anda memiliki lahan yang terbatas untuk ayam petelur, kandang sebaiknya lebih kecil karena untuk menghemat tempat dan bisa menempatkan ayam lebih banyak, namun jika anda memiliki lahan yang cukup luas ayam petelur tidak perlu ditempatkan di kandang cukup dalam ruangan yang besar dan diisi dengan banyak sekali ayam.. Untuk ayam yang menghasilkan bibit unggul, sebaiknya kandang agak lebih besar agar tidak mudah stress.. Kandang sebaiknya memiliki sirkulasi udara yang baik dan cukup mendapat sinar matahari..

Pemilihan ayam

Untuk ayam petelur biasanya yang digunakan adalah ayam Jawa atau ayam kampung..  Untuk pemilihan induk betina biasanya tidak terlalu mementingkan kriteria khusus yang penting sehat dan bersih.. Untuk induk jantan lebih baik yang sudah berumur 2 tahun keatas dan pilih yang tegak dan besar, karena akan lebih produktif dan agresif..

Untuk ayam bibit berkualitas, yang sedang marak adalah ayam bangkok.. Untuk pemilihan induk betina dan jantan sebaiknya benar-benar yang berkualitas tinggi, seiring kualitasnya yang tinggi harganya juga pasti tinggi, namun bibit yang akan dihasilkan nanti juga pasti bagus, kalau misalnya menetas 3 jantan dari 12 jumlah tetasannya saya pikir bisa balik modal.. Jadi untuk ayam unggul, hasil laba akan lebih tinggi dibanding ayam petelur namun modal juga cukup besar..

Pemeliharaan dan Perawatan

Untuk ayam, pemeliharaan sangat mudah, yang penting pemberian makan teratur dan kandang sering dibersihkan agar terhindar dari penyakit.. Selain jagung, pemberian pakan campuran juga diperlukan seperti poor dan campuran vitamin guna meningkatkan nafsu makan.. Baik juga diberikan rajangan daun kangkung atau daun pepaya untuk serat.. Untuk minum, sebaiknya gunakan air yang bersih dan jernih..

Sekian info dari saya, saya masih belajar tentang ayam juga.. Dan kalau anda mempunyai informasi tambahan tentang berternak ayam.. Saya mohon kesediaan anda untuk menambahkan dalam komentar.. Terima kasih ^_^

Pos ini dipublikasikan di Tips dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s