Daur ulang Kaleng Bekas

Anda tentu sering merasa pusing bagaimana memanfaatkan barang bekas, seperti kaleng susu, roti, atau yang lainnya. Anda tidak harus langsung membuangnya. Dengan sedikit kreativitas dan ketekunan, anda pun dapat membuat sesuatu yang lebih bermanfaat darinya. Anda pun dapat memanfaatkannya untuk dapat digunakan sebagai wadah pensil, tempat sampah, tempat cucian atau lainnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah : kaleng bekas, cat berwarna putih, pensil atau pulpen, cat akrilik. Hal pertama yang harus ada siapkan adalah kaleng bekas sebagai bahan utama untuk dapat dimanfaatkan kembali. Ambil kaleng bekas, kemudian dicuci sampai bersih, baik bagian dalam maupun bagian luarnya. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan kotoran, baik berupa bekas makanan, minyak atau pun debu yang menempel pada kaleng yang akan digunakan. Setelah kaleng dibersihkan, kemudian dikeringkan agar dapat dilakukan proses selanjutnya.

Setelah kaleng bersih dan kering, kemudian dilakukan proses pelapisan kaleng dengan menggunakan cat berwarna putih. Warna putih dipilih karena warna ini netral sehingga proses pengecatan warna selanjutnya akan lebih mudah dan hasilnya pun menjadi maksimal serta sekaligus untuk melapisi merk dari kaleng yang digunakan.

Setelah kaleng dilapisi warna putih, kemudian dikeringkan dengan cara diangin-anginkan. Tahap selanjutnya adalah dengan melukis kaleng dengan menggunakan pensil atau pulpen. Pola gambar adalah sesuai dengan selera anda. Anda dapat membuat gambar hewan, bunga, pemandangan, tokoh kartun, angka, huruf, atau pola abstrak yang anda sukai. Setelah pola tergambar pada kaleng, anda dapat mengecatnya dengan menggunakan cat akrilik. Warna untuk tiap motif pun sesuai dengan kesukaan anda. Namun, bila anda mendaur ulang kaleng untuk anak anda, anda dapat menggunakan warna cerah dan ‘ngejreng’ karena anak-anak suka sekali bila barang mereka.

Karena ini adalah proses daur ulang dan dan dibuat secara ‘handmade’ maka hasilnya pun spesial. Tidak ada yang sama. Ini adalah salah satu kelebihan membuat pola sendiri. Bila anda mengajak anak anda untuk mendaur ulang kaleng bekas di rumah, ini akan membantu merangsang kreativitas anak anda. Dan mereka pun akan bangga dengan hasil karya mereka sendiri. So, manfaatkan kaleng bekas di rumah anda. Dan anda pun dapat berkreasi dengannya.

Tulisan ini dipublikasikan di Lingkungan dan tag . Tandai permalink.

19 Balasan ke Daur ulang Kaleng Bekas

  1. biana berkata:

    bagus sekali kreatifitasnya pak tikto. kalau boleh tau cat yang digunakan itu cat biasa atau khusus dan mereknya apa?. bisa ndak saya dikirimkan gambar-gambar lain. thanks sebelumnya.

  2. nita berkata:

    Maaf mau tanya klo cat2 akrilik itu belinya di mana ya? terus apa cat dasarnya akrilik juga? klo pake cat non toxic bs ga, dan cari cat non toxic ini di mana ya? Terimakasih banyak ya

    • Tikto berkata:

      Kalau cat akrilik banyak tempat yang menjualnya selain di toko bangunan, di Gramedia juga ada.. Untuk cat dasar putih, sebaiknya menggunakan cat non toxic seperti yang anda bilang.. Cat non toxic hanya tersedia ditempat tertentu saja, di toko bangunan yang besar atau di toko bahan kimia..

  3. annisa berkata:

    makasih ya mas info nya.. membantu banget. sukses!

  4. Alin berkata:

    Maav kalau sy terlalu bnyk pertanyaan, sy mw tanya pak:
    1. Cat putih yg biasa digunakan sbg dsrkan cat non toxic,nah itu maksudny ap y pak,bs tlg contohkan merkny tdk? ap hasilnya akan berbeda jika sy menggunakan cat besi biasa atau dg menggunakan pylox?

    2. Stlh sy melapisi kaleng tsb dg dasar wrn putih, apakah sy kembali melapisi kaleng tsb dg wrn dsar yg lain dg menggunakan cat non toxic kembali/bisa langsung dg menggunakan cat acrylic?

    3. Merk cat acrylic yg bagus apa ya pak, yg nti hsl lukisany bisa terlihat mengkilap?

    Terima ksh sblmny pak ^_^

  5. tumihardewi berkata:

    maaf mau tanya cara ngelubangin kaleng di atasnya gimana ya?makasih mas.

  6. Selain cat akrilik bisa juga menggunakan cat tembok putih untuk warna dasar. Kemudian warna motifnya bisa menggunakan poster calour. Ditoko alat lukis atau / alat tulis tersedia banyak merk. kemudian untuk finishing akhir semprotkan pilox netral agar terhindar dari kotor atau kelembaban.

  7. yenny berkata:

    mbak apa cat akrilik di setiap toko cat ada ea..krn saya jd pengn membuatx krn gampang carax..salut buat ada yg kreatif

  8. Meity N.F berkata:

    kalo mewarnainya dengan cat air saja bisa tidak pa?

  9. anam berkata:

    klo gambarnya ga’ bisa gimanaya

  10. Jane Siregar berkata:

    kalo warna dasarnya pakai cat tembok, trus pewarnaan sketsa gambarnya pakai cat akirlik bisa nyatu nggak ya? .
    Sya pernah nyoba pakai cat akrilik merek marries bagus nggak ya…trus finshingnya itu pakai apa ya. soalnya sy olesin minyak/vernis , eh malah luntur spidolnya jadi kotor gitu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s